KINGSTON, Jamaika – Brando Hayden, direktur pelaksana JN Fund Managers, telah menyerukan kepada para atlet Jamaika untuk memanfaatkan kekuatan Brand Jamaica guna menciptakan stabilitas keuangan, sembari menyerukan kepada Jamaika untuk memperdalam pemahamannya dan mengaktualisasikan nilai tak terukur dari mereknya di panggung dunia dan dalam industri olahraga global.
Bapak Hayden berbicara sebagai panelis di PPPIVOT Peak Performance Summit 2024 yang baru-baru ini diadakan selama dua hari di Universitas Hindia Barat, baru-baru ini, yang berupaya memberikan peserta dari semua industri kesempatan untuk mengasah kinerja puncak mereka sendiri melalui praktik terbaik dari para ahli industri di berbagai bidang termasuk kepemimpinan, kewirausahaan, pola pikir, pengaruh strategis, dan kinerja keuangan.
Literasi Keuangan
Berbicara dari sudut pandang yang unik sebagai direktur pelaksana JN Fund Managers dan mantan perwakilan (agen) atlet World Athletics, Tn. Hayden menekankan perlunya atlet untuk membuat keputusan yang bijak guna mengamankan masa depan finansial mereka, melalui literasi finansial, dan akses ke solusi pembangunan kekayaan yang ditawarkan melalui JN Group. Dari sudut pandang pembangunan merek, ia menganjurkan pemahaman yang lebih baik tentang peran mekanisme penemuan harga dalam negosiasi, yang dengannya Atlet dapat mengukur nilai dan pekerjaan mereka, untuk dapat meraup keuntungan finansial demi kesuksesan finansial jangka panjang.
“Ketika saya berbicara tentang penemuan harga, kita perlu menghargai nilai relatif kita, tidak hanya di tempat kita, tetapi secara global, melalui Brand Jamaica, sehingga kita dapat memonetisasinya sepenuhnya,” kata Hayden selama diskusi panel tentang “Mengoptimalkan Kewirausahaan dan Kinerja Keuangan”.
Membangun Merek Jamaika
Ia juga menyoroti nilai penting yang dibawa oleh atlet Jamaika ke membangun merek negaradengan semakin banyaknya acara olahraga, kini dapat diakses dengan mudah melalui beberapa platform media di seluruh dunia. Ia berpendapat bahwa paparan yang terukur ini harus digunakan untuk memberikan tolok ukur bagi negosiasi kesepakatan dukungan yang diterima atlet dan badan pengatur.
Dalam membahas peluang yang telah diambil oleh merek internasional untuk bermitra dengan atlet Jamaika, Tn. Hayden menunjukkan bahwa beberapa kesepakatan mungkin belum sepenuhnya mewujudkan nilai finansial badan pengatur dan atlet.
“Ini sedikit mengganggu bagi saya. Namun, di saat yang sama, kami harus mengakui bahwa kerja sama kami dengan banyak merek internasional di luar Jamaika juga telah membantu mengembangkan merek kami. Jadi, ini berjalan dua arah, tetapi seperti halnya merek internasional, kami sekarang perlu mulai lebih menghargai nilai dari apa yang kami tawarkan,” imbuh Hayden.
Ia juga membahas isu yang lebih luas tentang kebutuhan Jamaika untuk memiliki dan mengekstraksi nilai budaya yang sangat besar secara keseluruhan, mengingat betapa luasnya pengaruhnya di setiap sudut dunia.
“Siapa sebenarnya yang menjaga merek kita? Kecenderungannya adalah pemerintah, tetapi saya tidak tahu apakah itu hanya tanggung jawab pemerintah atau apakah pemerintah memang memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Namun saya harus mengatakan bahwa ada kebutuhan bagi kita untuk menangkap banyak nilai yang tampaknya menjauh dari kita, sehingga kita dapat terus membangun merek dan ekonomi secara berkelanjutan,” ungkapnya.
Cara Memanfaatkan Nilai Merek Jamaika
Pakar bisnis dan perdagangan, Tastey Blackman, menyuarakan sentimen Bapak Hayden, dengan menggarisbawahi perlunya data industri untuk membantu mengukur dan memanfaatkan nilai Brand Jamaica. Ia menekankan tanggung jawab kolektif sektor swasta, individu, dan pemerintah dalam upaya tersebut, dengan menyerukan lebih banyak fokus pada perlindungan kekayaan intelektual di era digital, dan aliansi internasional serta kolaborasi dengan negara-negara yang berpengalaman dalam manajemen merek, untuk membantu Jamaika mewujudkan potensi mereknya yang sebenarnya.
Dr Andre Haughton, dosen senior Ekonomi di University of the West Indies, Mona, merekomendasikan dilakukannya audit terhadap semua elemen yang mewakili Brand Jamaica. Ia menekankan pentingnya mengidentifikasi berbagai elemen merek dan nilai yang sepadan, sehingga dapat memfasilitasi negosiasi yang ketat dan adil untuk kompensasi ketika elemen tersebut digunakan oleh pihak lain di seluruh dunia.
“Sampai kita mengkategorikan berbagai aspek Brand Jamaica dan kemudian menyatakan secara spesifik apa saja aspek-aspek tersebut, kita tidak akan mampu memperoleh dan menghasilkan pendapatan dari berbagai aspek tersebut saat mereka hadir di pasar global,” jelas Dr. Haughton.
Simposium ini menggarisbawahi pentingnya memahami, mengelola, memanfaatkan, dan memanfaatkan beberapa aspek utama nilai Brand Jamaica untuk memastikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kompensasi yang adil.